Diet penting sebelum Taklukan Trek Downhill

Redaksi - Tips And Tricks

Diet penting sebelum Taklukan Trek Downhill
15 Sep 2015 2:04
1025 Hits

Hobi bersepeda memang sedang happening dan bisa dilakukan di mana saja. Namun, jika pilihan untuk bertualang memacu adrenalin dengan free spirit, ditambah bonus menikmati kesegaran dan keindahan alam, bersepeda gunung adalah jawabannya. Tak bisa dipungkiri, gizi merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, apalagi jika akan mengikuti perlombaan seperti sepeda Downhill. 

Pemilihan jenis makanan dan waktu makan merupakan hal penting dalam membantu atau merugikan performa. Ibarat mengisi bensin tambahan pada mobil bertangki penuh sebelum perjalanan jarak pendek, makan makanan tinggi karbohidrat selama masa latihan memastikan pebalap memiliki otot yang menyimpan cukup glikogen saat bertanding.

“Selain persiapan fisik seperti fitness, upper body, dan pemanasan lainnya, mengatur pola makan sebelum bertanding juga merupakan hal yang penting. Makan secukupnya, agar saat perlombaanpun tidak terjadi gangguan pada perut, seperti mual, hingga mules.” Ujar Abdul Kadir, pemenang Indonesian Downhill 76 Kejurnas 2015 Seri 3 di kelas Master B.

Waktu pertandingan juga menjadi hal yang harus diperhatikan, Jika Anda bersaing di perlombaan pada pagi harinya tanpa makan apapun, bisa-bisa menurunkan performa saat pertandingan. Namun, Jumlah karbohidrat sebaiknya semakin dikurangi, seiring semakin dekatnya waktu pertandingan untuk menghindari masalah pada perut.