Desain Dasar Suspensi Pada Mountain Bike

Redaksi - Tips And Tricks

Desain Dasar Suspensi Pada Mountain Bike
24 Dec 2018 22:24
159 Hits

BikeRadar

Ketika melihat desain suspensi sepeda gunung, mungkin akan muncul hal-hal atau istilah dan perhitungan yang rumit. Tetapi nyatanya hanya ada tiga jenis suspensi dasar yang harus dipahami.

Single pivot

singletracks

Desain single pivot berarti poros belakang berputar di sekitar satu titik (yang ditampilkan dalam warna kuning) dan shock dipasang di antara poros belakang dan pada sebagian rangka (biasanya ada pada top tube atau down tube). Swingarm ditampilkan dalam warna merah.

Desain single pivot adalah yang paling umum di antara sepeda entry-level karena beberapa alasan. Pertama, tidak ada paten pada desain, yang berarti suatu merk tidak perlu membayar royalti kepada siapa pun untuk menggunakannya. Sehingga mereka dapat mencapai titik harga terendah untuk nilai jualnya. Sepeda single pivot juga yang paling sederhana untuk diproduksi.

Linkage-driven single pivot

singletracks

Desain linkage-driven single pivot memungkinkan produsen untuk memanipulasi rasio leverage. Akibatnya, mereka dapat membuat suspensi lebih lembut di awal stroke dan kemudian semakin menguat menjelang akhir. Sebaliknya, inisiasi yang lebih kuat akan membuat pedalling lebih efisien dan cocok untuk dikendarai secara agresif.

Desain linkage-driven single pivot masih memiliki swingarm (ditampilkan dalam warna merah), linkage, berwarna hijau, digunakan untuk menyambung ke shock.

Four-bar

singletracks

Hampir setiap sepeda yang tidak berada dalam dua kategori di atas akan berada di tipe suspensi four-bar, dan banyak merk yang telah mematenkan variasi mereka sendiri dari desain suspensi satu ini. Sebuah platform four-bar ini memungkinkan produsen untuk dapat mengontrol rasio leverage dengan lebih maksimal.