Cara Membersihkan Sepeda dalam Tujuh Menit

Redaksi - Tips And Tricks

Cara Membersihkan Sepeda dalam Tujuh Menit
10 Sep 2018 19:02
385 Hits

Membersihkan sepeda dengan benar ternyata tidak membutuhkan waktu lama. Tidak sampai 10 menit, jika dilakukan secara teratur bahkan bisa menghemat biaya, lho. Penasaran dengan caranya?

Berikut adalah jawabannya!

  1. Bilas keseluruhan rangka

Dimulai dari menyemprotkan produk pembersih sepeda pada rangka dasar sepeda, dan biarkan selama beberapa menit. Kemudian, gunakan air dan sikat berbulu halus untuk mennggosok sepeda.

Jangan tergoda untuk menggunakan cairan pembersih piring atau pakaian dan spons dapur ya, karena dapat membuat bingkai sepeda tergores dan warnanya memudar.

 

  1. Bersihkan velg dan bantalan rem

Cuci velg dan rem dengan baik menggunakan lap. Dan (jika kamu menggunakan velg, bukan cakram, rem), bersihkan bantalan untuk memastikan tidak ada kotoran di sana yang bisa mengikis permukaan rem.

 

  1. Gunakan cairan pembersih pada derailleurs dan rantai

 

Selanjutnya, semprot derailleurs dan rantai dengan cairan pembersih dan gosok perlahan dengan baik.

 

  1. Gunakan cairan pembersih pada gear dan rantai

 

Semprotkan lebih banyak cairan pembersih di atas rantai dan gear lalu gosok. Pilihlah sikat gigi, karena akan sangat membantu kamu untuk menjangkau sela-sela gear dengan baik.

Jika rantai masih terlihat kotor, gunakan pembersih khusus rantai. Caranya, cukup isi unit dengan cairan pembersih, pasang dan putar pedal ke belakang untuk mengolesi rantai. Bersihkan cairan dengan aman dan menyeluruh ketika selesai.

 

  1. Bilas frame, keringkan dan beri pelumas pada rantai

Bilas busa sabun dari sepeda, keringkan rantai dengan lap dan gunakan pelumas pada rantai dan titik pivot pada derailleurs.

Itulah cara membersihkan sepeda yang dapat kamu lakukan secara rutin di rumah, silahkan mencoba!