Buah Pisang Sahabat Pesepeda

Redaksi - Tips And Tricks

Buah Pisang Sahabat Pesepeda
12 Sep 2018 20:26
141 Hits

Sudah menjadi hal yang umum diketahui dalam masyarakat bahwa mengonsumsi buah-buahan sangat baik untuk tubuh. Dalam pelajaran Pendidikan Jasmani saat masih sekolah dasar pun dikenalkan soal makanan empat sehat lima sempurna, yang satu di antaranya adalah buah-buahan. Buah-buahan mengandung banyak vitamin, beberapa di antaranya mengandung gula dan karbohidrat. Gula dan karbohidrat ini sangat dibutuhkan sebagai sumber energi. Apalagi saat bersepeda.

Gula dan karbohidrat memang menjadi musuh untuk beberapa orang dengan alasan kesehatan. Terlalu banyak gula dapat menjadi penyakit dalam tubuh. Tapi di balik itu, gula juga menjadi sumber energi tubuh. Mengonsumsi gula dalam kadar yang tepat tidak akan membuat gemuk, justru tubuh menjadi sehat dan berenergi. Salah satu buah yang mengandung gula dan karbohidrat baik adalah Pisang.

Sejak zaman dulu, pisang memang dikenal sebagai sumber energi bagi tubuh. Karbohidrat yang terkandung pada pisang mudah dicerna tubuh. Selain juga mengandung vitamin B6 yang juga penting untuk meningkatkan performa selama berolahraga. Kandungan potasium pada pisang juga bisa mencegah kram otot. Kandungan gula alami pada pisang juga lebih aman untuk tubuh. Sebaiknya konsumsi setengah porsi pisang ukuran besar setiap 15 menit untuk durasi olahraga lebih dari satu jam.

Gula dalam buah pisang juga akan diproses dengan cepat dalam tubuh sehingga bisa cepat digunakan oleh tubuh saat membutuhkan tenaga. Waktu terbaik minum jus atau makan buah pisang adalah 15-20 menit sebelum mulai latihan.