Bersepeda Saat Hujan Ini Tips Amannya

Redaksi - Tips And Tricks

Bersepeda Saat Hujan Ini Tips Amannya
08 Nov 2018 18:17
58 Hits

BikeRadar

Cuaca yang buruk seperti musim hujan tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi para rider yang ingin tetap beraktivitas dengan sepedanya. Dengan intensitas hujan yang tinggi membuat kita harus bersepeda menerjang derasnya hujan. Hujan tentunya akan membuat perjalanan Anda sedikit terganggu akibat medan yang makin licin. Berikut adalah tips untuk membuat perjalanan Anda lebih nyaman dan aman meski saat hujan.

1. Kontrol kecepatan.

Kendarai sepeda Anda dalam kecepatan yang terkontrol, tidak terlalu cepat. Karena dengan kecepatan yang cukup cepat, maka pengereman mendadak di medan basah berpotensi membuat Anda tergelincir. Gunakan juga rem depan dan belakang secara bersamaan. Pastikan mengerem secara halus dan pelan agar kecepatan bisa turun secara bertahap.

2. Periksa tekanan ban.

Untuk bisa melalui medan yang licin dan basah, sebaiknya selalu periksa kondisi ban terlebih dahulu. Bisa juga dengan menurunkan tekanan angin ban 15 - 20 psi dari biasanya, cara ini bertujuan agar ban lebih mencengkeram jalanan.

3. Tetap disiplin.

Gunakan jalur yang sudah ditentukan dan tetap patuhi rambu lalu lintas. Usahakan juga agar Anda bisa dengan mudah terlihat oleh pengendara lain. Jika Anda bersepeda secara berkelompok, hindari mengerem tiba-tiba.

4. Bersihkan sepeda.

Setelah menembus derasnya hujan, selalu bersihkan sepeda dan juga jangan lupa untuk melumasi rantai rodanya. Agar sepeda kesayangan Anda tidak berkarat akibat air hujan.