Bersepeda Gunung Baik Untuk Kesehatan Mental, Ini Buktinya

Redaksi - News

Bersepeda Gunung Baik Untuk Kesehatan Mental, Ini Buktinya
14 Jul 2018 13:12
86 Hits

Untuk beberapa orang, bersepeda gunung adalah sebuah jalan hidup. Ini adalah salah satu hal positif untuk mencegah depresi dan menghindari penyakit dengan olahraga bersepeda gunung.

Jadi, bersepeda gunung baik untuk kesehatan mental? Berikut ulasannya dari

Bersepeda gunung bermanfaat untuk fisik dan juga pikiran. Latihan yang melepaskan hormong endorfin terbukti dapat mencegah depresi. Menurut The Mayo Clinic, olahraga juga melepaskan zat kimia dalam sistem kekebalan tubuh kita yang bisa mencegah depresi. Selain itu, bersepeda gunung adalah aktivitas yang sangat sosial. Saat anda bertemu teman atau komunitas anda. Berbagi hal menarik di sepanjang perjalanan dengan sepeda, dan lain-lain.

Pada tahun 2015, Stanford University mempelajari bagaimana perasaan orang setelah 50 menit berjalan di lingkungan alam dibandingkan di kota. Mereka yang berjalan melewati hutan mengalami emosi yang lebih positif dan mengalami sedikit kegelisahan daripada yang berjalan di kota. Tahukah anda bahwa di Jepang awal 1980-an, ada rencana kesehatan nasional yang disebut 'forest bathing'? Pada dasarnya, ini hanya aktivitas berdiri di depan pepohonan. Latihan ini telah terbukti menurunkan tekanan darah, mengurangi hormon stres dan meningkatkan perasaan damai.

Intinya, bersepeda atau olahraga apapun asal pada porsi yang pas dan sesuai, pasti akan menghasilkan banyak manfaat baik untuk fisik maupun mental. Terlebih lagi, jika anda melakukannya di alam bebas dan alami. (RN)