Bersepeda Bikin Awet Muda, Ini Buktinya

Redaksi - Tips And Tricks

Bersepeda Bikin Awet Muda, Ini Buktinya
25 May 2018 11:56
278 Hits

Buat para downhiller, ada kabar baik untuk kalian yang mungkin setelah ini segera menetapkan pilihan untuk tidak berhenti bersepeda. Kabar baik itu adalah bahwa bersepeda mampu membuat seseorang lebih awet muda.

American Medical Society for sports medicine menyatakan bahwa bersepeda bisa menjaga kemudaan jaringan kulit dan memulihkan tanda-tanda penuaan. Studi yang dilakukan tim dari Mc Master University, Ontario, ini meneliti sejumlah partisipan, lelaki maupun perempuan, dari usia 20-84 tahun. Para peneliti tersebut mengambil sampel kulit dari bagian bokong partisipan.

Mark Tarnopolsky, profesor kesehatan olahraga di Mc Master, menjelaskan bahwa studi ini membutuhkan bagian kulit yang paling tidak terpapar sinar matahari. Sample kulit tersebut diperiksa dengan mikroskop untuk meneliti tanda- tanda penuaan. Dan hasilnya adalah mereka yang berumur 40 tahun yang rajin bersepeda secara teratur memiliki struktur kulit lebih sehat. Bahkan struktur kulitnya dinyatakan mirip dengan seseorang dengan umur 20 hingga 30 tahun bahkan meski usia mereka sudah diatas 65 tahun.

Perubahan jaringan otot ini akibat adanya aliran darah yang mengalir terus menerus sehingga kualitas otot-otot dan jaringan kulit mendapatkan impact lebih padat. Jangan berhenti bersepeda ya, downhiller!