Beberapa Trik Ini Bakalan Berguna Buat Riders Untuk Melewati Obstacles

Redaksi - Tips And Tricks

Beberapa Trik Ini Bakalan Berguna Buat Riders Untuk Melewati Obstacles
20 Dec 2017 16:41
578 Hits

Banyaknya rintangan dan medan yang tak terduga di lintasan sepeda gunung, menjadikan trik-trik ini berguna banget bagi para riders yang sering kesulitan melewati obstacles yang ada. Bagi yang ingin mempelajarinya, pastikan didampingi dengan seorang ahli, akan sangat beresiko jika melakukannya seorang diri. Inilah trik-trik yang bisa kamu gunain di jalur gunung.

Manual

Manual merupakan trik “serba guna” yang merupakan dasar dari berbagai trik lainnya. Beberapa rintangan juga bisa dilalui dengan menggunakan trik ini. Manual bisa dilakukan di permukaan apa saja, tapi bidang miring akan membuat manual bisa lebih mudah dilakukan. Trik ini pada dasarnya adalah mengontrol sepeda dengan mengangkat roda depan, dan menyeimbangkan roda belakang.

Bunny Hop

Ketika sudah menguasai trik manual, kamu bisa beralih ke trik bunny hop. Bunny hop adalah trik untuk melompat/mengangkat sepeda dari tanah dengan roda belakang. Bisa digunakan untuk melewati potongan kayu, atau rintangan yang berukuran kecil. Gunakan tenaga dari lutut untuk melompat, dan dengan bersamaan angkat handlebar sepeda.

Nollie

Bisa disebut nollie adalah kebalikan dari bunny hop. Nollie adalah trik yang menggunakan roda belakang untuk melompat.

Stoppie

Stoppie adalah salah satu trik krusial dalam mountain biking. Trik ini memungkinkanmu untuk berhenti secara cepat tanpa kehilangan kontrol atas sepedamu. Ketika melakukan trik ini, pindahkan berat badanmu ke depan dan jaga agar lengan tetap lurus.

Endo Turn

Endo turn merupakan trik untuk berbelok pada sudut yang sempit. Berguna untuk dilakukan dalam keadaan terdesak. Lakukan pengereman secara cepat dan seimbangkan kontrol menuju arah yang diinginkan. Jangan terlalu kuat saat menarik tuas rem, atau sepeda akan terbalik. Endo turn bisa dipelajari lebih mudah jika telah menguasai stoppie.