Adu Skills & Nyali di Tambang Batu Kapur Tebing Breksi

Redaksi - News

Adu Skills & Nyali di Tambang Batu Kapur Tebing Breksi
03 Apr 2017 16:21
2198 Hits

Sepertinya Jogja ngga akan pernah kehabisan destinasi untuk berwisata, ada Malioboro , Candi Prambanan hingga galeri seni seperti Museum Affandi. Kini bertambah satu lagi tujuan wisata di Jogja buat kamu penggila suasana outdoor. Tebing Breksi namanya, berlokasi di Sambirejo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Nah, di Tebing Breksi inilah nantinya yang bakal menjadi seri pembuka 76 Indonesian Downhill pada tanggal 8 – 9 April.

Apa itu Tebing Breksi dan apa yang menarik dari tempat yang disebut-sebut sebagai Garuda Wisnu Kencana-nya Jogja ini? Tebing Breksi merupakan area bekas pertambangan batu kapur yang kini berubah fungsi menjadi obyek wisata yang dikembangkan oleh penduduk lokal. Batu kapur yang ada di tebing ini sendiri berasal dari adanya endapan abu vulkanik dari Gunung Api Purba Nglanggeran ribuan tahun lalu.

Batuan-batuan raksasa di Tebing Breksi yang dipahat menjadi berbagai bentuk dari tangan para seniman lokal serta adanya amphitheatre berbentuk lingkaran dan bangku panjangnya sepintas mengingatkan akan megahnya arena pertarungan Romawi kuno, lokasi ini sendiri bernama Tlatar Seneng. Pada waktu-waktu tertentu, Tebing Breksi tidak hanya menawarkan diri sebagai lokasi wisata geologi saja melainkan juga sebagai venue dari event-event seperti pertunjukan atau event film. Seperti di tahun 2016 lalu, di mana Tebing Breksi didapuk menjadi salah satu venue diselenggarakannya Jogja-NETPAC Asian Film Festival.

Berkeliling Tebing Breksi tidaklah lengkap jika belum mencoba naik ke puncak tebing melalui puluhan anak tangganya yang terbuat dari batu. Disinilah kamu bakal mendapati pemandangan yang begitu indah dari hamparan bukit berwarna hijau serta panorama dari Candi Ijo dan Candi Ratu Boko yang berlatarkan dengan gagahnya Gunung Merapi dan Gunung Merbabu di kejauhan.

Memberikan ambience yang berbeda dari obyek wisata lainnya merupakan nilai plus dari tempat yang sedang hits ini. Tak kalah menarik yaitu track yang cukup mengesankan disini adalah adanya tanjakan yang memiliki derajat yang cukup curam sejauh kurang lebih 2 km menuju Tebing Breksi, yang pastinya bakal memberikan tantangan tersendiri. Tak sampai disitu, adanya medan terjal, curam dan berbatu di obyek wisata ini seolah menjadi sebuah “paket lengkap” bagi para penggila motor-cross, mountain bike-downhiller atau bahkan para penggemar olahraga ekstrem off-roader.

Tebing Breksi ini lokasinya berdekatan dengan Candi Ijo, rute termudah menuju tempat ini jika kamu dari arah Jogja adalah menuju ke arah Candi Prambanan, begitu sampai di kawasan pasar Prambanan belok ke arah kanan menuju Piyungan dan carilah penunjuk arah ke Candi Ijo. Setelah itu ambillah kiri, sebelum pertigaan SDN Sambirejo.

Yuk para downhillers, pacu pedalmu di track dengan background tebing batu kapur ini di seri perdana 76 Indonesian Downhill 2017, yang bakalan memberikan pengalaman baru yang lebih menantang lagi.