8 Tips Pemulihan untuk Pengendara Sepeda Gunung Bagian 2

Redaksi - Tips And Tricks

8 Tips Pemulihan untuk Pengendara Sepeda Gunung Bagian 2
07 Sep 2018 22:19
83 Hits

Setelah membahas beberapa tips pemulihan untuk pengendara sepeda gunung di artikel sebelumnya, kali ini kami akan bahas beberapa tips pemulihan lainnya untuk kamu pengendara sepeda gunung. Ini dia daftarnya.

5. Hidrasi

Ketika kamu berkeringat, suhu tubuh kamu yang meningkat. Bahkan ketika suhu tubuh meningkat dengan drastis dapat menyebabkan kamu pingsan. Selanjutnya, karena sedikit air yang tersedia di dalam tubuhmu, darah akan menjadi lebih kental dan lamban. Sebaiknya kamu cukupi kebutuhan cairan tubuhmu dengan minum 1,5 kali berat badan supaya tubuh kamutidak mengalami dehidrasi.

6. Membiasakan diri dengan minyak esensial

Beberapa minyak, seperti lavender dan peppermint, memiliki sifat analgesik dan cukup populer karena manfaatnya dalam mengurangi rasa sakit yang dirasakan di otot dan sendi. Penggunaannya pun cukup mudah, yaitu dengan mengolesi area tubuh yang sakit dengan minyak zaitun atau kelapa, kemudian pijat.

7. Pijat

Terapi pijat juga penting karena mempengaruhi aliran darah di sekitar tubuh. Untungnya, kamu tidak perlu mengunjungi terapis pijat setelah setiap perjalanan karena hal itu dapat kamu lakukan di rumah! Sayangnya, otot-otot yang membawa tingkat ketegangan tinggi tidak mudah beradaptasi, oleh karena itu, sesi pijatan pertama kamu mungkin terbukti cukup menyakitkan, tetapi menjaganya tetap teratur akan membuatnya lebih mudah dan kamu akan melihat manfaatnya dengan waktu pemulihan yang lebih singkat.

8. Penggunaan kompres

Memakai kompres dipercaya dapat mengurangi pembengkakan, kelelahan dan nyeri otot setelah latihan yang intens. Hal tersebut bekerja dengan membuat pembuluh darah kamu menyempit yang mengakibatkan aliran darah lebih cepat, serta membuatnya efektif untuk mempercepat pemulihan.

Itulah tips pemulihan buat kamu para pengguna sepeda gunung. Kamu bisa menerapkan saat kamu merasa lelah maupun pasca latihan yang berat ya, Riders.