8 Tips Pemulihan untuk Pengendara Sepeda Gunung Bagian 1

Redaksi - Tips And Tricks

8 Tips Pemulihan untuk Pengendara Sepeda Gunung Bagian 1
06 Sep 2018 19:30
277 Hits

Bersepeda, terutama bersepeda gunung bisa sangat melelahkan. Walaupun kamu mendapat banyak manfaat dari aktivitas ini, tapi tentu saja tubuh kamu butuh waktu untuk pemulihan. Pemulihan bisa terjadi dengan lambat atau cepat tergantung pada apa yang kamu lakukan sebelum dan setelah aktivitas olahraga yang kamu tekuni. Dan di bawah ini ada beberapa tips yang dapat membantu tubuh kamu kembali ke titik awal sehingga kamu dapat terus melakukan apa yang kamu sukai.

  1. Istirahat

Tubuh memiliki kemampuan memulihkan dirinya sendiri. Tidur adalah salah satu cara tubuh memulihkan dirinya. Pastikan kamu tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malam. Jangan lupakan tidur siang dengan waktu yang pendek. Hal tersebut dapat mengurangi hormon stres dan memaksimalkan proses pemulihan.

 

  1. Tenang

Saat kamu mengayuh dengan keras, pembuluh darahmu, terutama di kaki memuai sehingga jika kamu berhenti dengan cepat, darah mungkin menggenang dan membuat kamu jadi pusing. Penyatuan darah ini juga mempengaruhi kemampuanmu untuk membawa oksigen segar dan darah yang kaya nutrisi ke otot dan sisa metabolisme.

 

  1. Makan

Setelah berolahraga, makan adalah hal yang sangat direkomedasikan sebab dengan mengonsumsi makanan dapat menggantikan apa yang hilang selalu kamu bersepeda. Suplemen seperti asam amino cenderung dapat mengurangi kerusakan otot akibat latihan dan meningkatkan pembentukan serta perbaikan otot.

 

  1. RECOVER ELEKTROLIT

Elektrolit membantu tubuh dengan beberapa cara seperti mengatur fungsi otot dan membangun kembali jaringan yang rusak yang penting setelah sesi latihan yang berat. Natrium dan kalium adalah jenis elektrolit yang hilang selama latihan (terutama karena berkeringat). Sebenarnya kehilangan 250mg potasium bukanlah masalah besar, kecuali kamu mengonsumsi makanan yang kaya sodium, tapi sebaiknya kamu mengganti natrium yang telah hilang tersebut untuk membantu proses pemulihan yang lebi cepat.

Itulah beberapa tips untuk pemulihan kamu yang mengendarai sepeda gunung. Jangan khawatir, masih ada beberapa tips pemulihan lain yang akan kami bahas di artikel selanjutnya. So, stay tuned ya!