76 Indonesian Downhill 2017 Ternadi Kudus Naik Kelas

Redaksi - News

76 Indonesian Downhill 2017 Ternadi Kudus Naik Kelas
07 Aug 2017 10:00
1198 Hits

Kudus, 7 Agustus 2017 (IDH). UCI secara resmi merilis perubahan kelas untuk 76 Indonesian Downhill 2017 Seri 3 Ternadi Kudus 19-20 Agustus. Setelah pada tahun 2016 lalu kategori lomba masuk host C2, tahun ini UCI menaikkan kelas seri Ternadi Kudus menjadi C1. 
 
Lalu apa sih artinya ketika kejuaraan di Ternadi Kudus naik kelas ke level C1? Nah, indonesiandownhill.com sudah mengobrol dengan Pratomo Setiadi, race director yang juga mengantongi lisensi resmi UCI. 
 
 
Menurut pria yang akrab di sapa Tomo, naiknya level kejuaraan ke C1 secara langsung akan mempengaruhi poin yang diterima pebalap di kelas prestasi yakni Men Elite dan Women Elite. Untuk rider juara pertama di kedua kelas ini, UCI bakal menambahkan poin sampai 60 yang tentu saja akan membuat perubahan significant di ranking-table induk organisasi sepeda internasional tersebut. 
 
"Di kejuaraan dengan host C1 ini, UCI memberikan point individu yang terbilang besar, 60 point bagi juara 1 Men Elite dan Women Elite, yang kemudian berurutan  40 30 25 20 18 16 14 12 10 8 6 4 2 1. Ini berarti ada 15 rider teratas yang berhak mendapat poin dari UCI," ungkapnya. 
 
 
Tapi di satu sisi, Tomo juga mengingatkan selain poin UCI dan tentu hadiah uang lebih banyak, level kejuaraan C1 membawa dampak pada persaingan antar pebalap. Apalagi, usut punya usut pebalap asing seperti dari Asia l kemungkinan bakal memilih untuk ikut serta datang ke Kudus Indonesia untuk mencari perolehan poin UCI. 
 

"Kalau kita lihat trend-nya, sejak event di Breksipebalap luar negeri mulai melirik kompetisi yang diadakan oleh IDH ini.

Bagi rider luar negeriberkompetisi di Indonesia jauh lebih terjangkau dibandingkan harus pergi ke Eropa atau Australia, dan belum tentu juga dapat hasil UCI Point.  Dari gosip di luaranpembalap Asia menjadikan seri Ternadi sasaran utama selain Umbul Sidomukti dan Klemuk," imbuhnya. 

 

 

Di sisi lain, naiknya level kejuaraan membuat Ternadi Kudus mulai berbenah. Track dengan obstacles pemacu adrenaline diperbaharui lengkap dengan jalur loading yang semakin oke. Belum lagi akses jalan dan penginapan yang kini terbilang semakin banyak dan mudah didapatkan di Kudus. 

 

Standarisasi track sesuai titah UCI pun tampaknya bakal membuat pebalap kelas junior, youth dan hobi memiliki kesempatan untuk mencari pengalaman mempertajam skill bersepeda. More benefit to all riders who participate at this event tentunya. 

 

Bakal menarik sepertinya weekend di 76 Indonesian Downhill 2017 Ternadi Bike Park Kudus Jawa Tengah 19-20 Agustus 2017 nanti. Sudah tidak sabar nih!!