7 Gerakan Yoga Yang Baik Untuk Para Rider

Redaksi - Tips And Tricks

7 Gerakan Yoga Yang Baik Untuk Para Rider
02 Dec 2018 22:35
155 Hits

Untuk pengendara sepeda, yoga dapat mencegah cedera, membantu Anda mengadopsi posisi aero yang lebih mantap dan meningkatkan kenyamanan secara keseluruhan saat Anda berada di atas saddle. Selain itu, yoga juga mempunyai banyak manfaat lain seperti, menambah stamina, meningkatkan fungsi pernapasan, meningkatkan kinerja jantung, dan lain-lain. Berikut adalah 7 gerakan yoga yang mampu membantu Anda menjadi rider yang lebih baik menurut Becci Curtis, seorang guru yoga, pengendara sepeda dan pendiri VeloVedic.

Membungkuk ke depan (variasi Uttanasana)

“Pose sederhana ini menarik paha belakang, mengurai tulang belakang dan melepaskan ketegangan di punggung atas dengan memutar postur sepeda Anda terbalik. Gerakan yang baik untuk pre-or post-ride.

Triangle (Trikonasana)

Dengan begitu banyak waktu yang dihabiskan dengan membungkuk di atas handlebar, tubuh Anda pasti menjerit untuk meminta Anda melakukan gerakan lateral. "Side-bending memperkuat dan meregangkan batang tubuh, bahu, kaki dan pinggul menggunakan keseimbangan dukungan internal (otot) dan eksternal (skeletal)," tambah Becci.

 

Dolphin plank (variasi Ardha Pincha Mayurasna)

"Postur ini mirip dengan posisi yang Andalakukan di sepeda. Gunakan postur ini untuk membangun kekuatan di 'inti' dan berlatih mengadopsi posisi 'aero' yang lebih pada sepeda."

 

Duduk membungkuk ke depan (Paschimottanasana)

"Menargetkan paha belakang yang kaku, gerakan ini membantu mengurangi tekanan dari punggung bawah Anda dan dapat berkontribusi untuk kenyamanan Anda di pelana. Ini juga meningkatkan kemampuan Anda untuk mengadopsi TT posture yang agresif. Anggap saja sebagai mendapatkan tenaga tambahan gratis!"

Double pigeon pose (Agnistambhasana)

Pose favorit Becci dan yang sangat cocok untuk pengendara sepeda. Gerakan ini baik untuk latihan ketegangan otot.

One-sided frog (Bhekasana variation)

Sebuah peregangan quad dan bahu dalam satu gerakan! Baiknya jangan dipaksakan, lekukan dengan perlahan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Ini adalah kebalikan dari 'postur sepeda' dan merupakan keharusan untuk post-ride.

Locust (Shalabhasana)

"Gerakan Ini mampu memperkuat seluruh bagian belakang tubuh dan menstabilkan bahu," tambah Becci. " gerakan ini dipercaya akan mampu meningkatkan kekuatan anda climbing di lintasan.